Skip to main content

Pemrograman

Pengertian Bahasa Pemrograman

pengertian bahasa pemrograman adalah
Nah, tahukah Anda apa pengertian bahasa pemrograman? Bahasa pemrograman dapat dikatakan sebagai sekumpulan instruksi yang diberikan kepada komputer untuk dapat melaksanakan tugas-tugas tertentu dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Bahasa pemrograman sering juga disebut dengan bahasa komputer.
Biasanya, agar komputer dapat menjalankan suatu tugas tertentu, seorang programmer harus mengetahui langkah-langkah yang dibutuhkan dalam penyelesaian tugas tersebut. Langkah-langkah itu disebut dengan algoritma, yang kemudian dituangkan kedalam berbagai jenis bahasa pemrograman yang diinginkan.

Fungsi Bahasa Pemrograman

Pada dasarnya, bahasa pemrograman berfungsi untuk memerintah komputer untuk dapat mengolah data sesuai dengan langkah-langkah penyelesaian yang telah ditentukan oleh programmer. Dalam membangun suatu sistem Anda sebagai programmer yang memegang kendali penuh agar sistem yang akan Anda bangun dapat melaksanakan tugas yang diharapkan.
Misalkan saja, ketika Anda akan membuat aplikasi pemutar musik, maka Anda harus memperhatikan penggunaan tombol Play, Replay, Forward, Pause dan Stop, dimana setiap tombol tersebut memiliki langkah-langkah penyelesaian yang berbeda satu dengan yang lain. Selain itu, ada beberapa fungsi dari bahasa pemrograman yang perlu Anda ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Media Komunikasi antara Pengembang dengan Komputer atau Mesin

Secara umum, fungsi bahasa adalah sebagai media komunikasi dengan pihak lain. Begitu juga dengan bahasa pemrograman. Namun, bahasa yang hanya dimengerti oleh mesin atau komputer berbeda dengan bahasa yang digunakan manusia. Mesin atau komputer hanya dapat mengerti penggunaan bilangan biner untuk dapat menerjemahkan instruksi yang diberikan.

2. Media dalam Mengembangkan Suatu Sistem

Sekarang ini, Anda telah banyak mengenal berbagai sistem atau aplikasi, seperti Photoshop, CorelDraw, Microsoft Word, Tokopedia dan lainnya. Aplikasi tersebut dikembangkan dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman.

Look --> 9 materi pelajaran simulasi digital

Comments